Kegiatan

MAHASISWA UIN AR RANIRY KULIAH PENGENALAN JURNALISTIK DI LKBN ANTARA

MAHASISWA UIN AR RANIRY KULIAH PENGENALAN JURNALISTIK DI LKBN ANTARA
Kepala LKBN Antara Biro Aceh Azhari menyampaikan pengenalan jurnalistik kepada mahasiswa UIN Ar Raniry di Banda Aceh, Kamis (9/6/2022). ANTARA/Aprizal

Belasan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Darussalam, Banda Aceh, mengikuti pengenalan jurnalistik di Lembaga Kantor Berita Antara Nasional (LKBN) Antara Biro Provinsi Aceh.

Kuliah pengenalan jurnalistik tersebut disampaikan Kepala LKBN Antara Biro Provinsi Aceh Azhari di Kantor LKBN Antara Biro Provinsi Aceh di Banda Aceh, Kamis.

Azhari mengatakan LKBN Antara merupakan kantor berita negara Republik Indonesia. LKBN Antara lahir pada 1937. Sebagai kantor berita, Antara mengangkat isu-isu nasional maupun internasional. 

"Antara hadir di setiap peristiwa yang terjadi di Indonesia, namun tetap dengan pemberitaan yang menyejukkan, tanpa provokasi," kata Azhari menjelaskan.

Azhari menambahkan, sebelumnya Antara hanya menyajikan berita ke perusahaan media langganan, namun kini informasi Antara juga sudah bisa di akses oleh masyarakat. 

Informasi yang disajikan juga sangat cepat, namun dengan penjaringan yang cukup ketat, kata Azhari. 

"Antara memiliki redaktur untuk menyunting informasi yang akan disajikan ke masyarakat, sehingga berita yang disajikan benar benar selektif dan dapat dipertanggungjawabkan," kata Azhari.

Pada kesempatan itu, Azhari mengajak mahasiswa tidak menyebarkan berita hoaks atau berita bohong yang selama ini cukup meresahkan. 

Banyaknya informasi hoaks yang berseliweran di media media sosial, menuntut mahasiswa mampu memilah mana informasi benar dan informasi palsu. 

"Kami juga mengajak mahasiswa meningkatkan literasi dengan membaca informasi dari media-media arus utama, di antaranya LKBN Antara," kata Azhari.
 
Pewarta: Aprizal
Editor : M.Haris Setiady Agus
COPYRIGHT © ANTARA 2022
(hendi/sekretariat perusahaan)