Prestasi

PEWARTA FOTO ANTARA BALI SABET JUARA 1 LOMBA FOTO HUT KE-132 BIOFARMA

PEWARTA FOTO ANTARA BALI SABET JUARA 1 LOMBA FOTO HUT KE-132 BIOFARMA
Pewarta Foto LKBN ANTARA Biro Bali, Nyoman Hendra Adhi Wibowo, menyabet Juara 1 Kategori Jurnalis dalam Lomba Foto HUT ke-132 Biofarma dengan karya bertajuk "Pembelajaran Tatap Muka" yang dipamerkan pada puncak perayaan acara HUT BUMN Farmasi itu, Sabtu (6/8/2022).

"Saya sangat bersyukur bisa menjadi juara 1 Lomba Foto HUT ke-132 Biofarma, saya tidak menyangka terpilih sebagai juara 1 kategori Jurnalis, karena pesaingnya sangat kuat dalam kategori ini," kata pewarta foto yang juga pernah menjuarai lomba foto BRI-PLN dan Kodam IX/Udayana itu di Denpasar, Minggu.

Salah satu dari tiga jurnalis foto di LKBN ANTARA Biro Bali itu mengaku pesaing dalam lomba itu berasal dari sesama jurnalis foto yang sudah terbiasa mengabadikan momen pada masa pandemi COVID-19 dan setiap daerah banyak momen unik.

"Astungkara, ternyata momen foto 'pembelajaran tatap muka' di SD Negeri 18 Pemecutan Denpasar yang saya abadikan menjadi juaranya. Foto ini menceritakan tentang siswa kelas I mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) dengan menerapkan protokol kesehatan di SD Negeri 18 Pemecutan, Denpasar, Bali, Jumat (1/10/2021)," kata Hendra, sapaan akrabnya.

Foto bertajuk "Pembelajaran Tatap Muka" itu menggambarkan PTM terbatas yang digelar perdana pada Jumat (1/10/2021) bagi semua jenjang satuan pendidikan di Denpasar dengan menerapkan protokol kesehatan dengan mengatur jumlah siswa 50 persen dari kapasitas ruangan dan pihak sekolah tetap menyediakan pembelajaran secara online atau daring bagi siswa yang tidak mengikuti PTM.

"Melalui foto itu, saya ingin memberikan pesan mengenai semangat anak-anak dan guru menjalani pembelajaran tatap muka pada masa pandemi, karena pendidikan itu sangat penting, meskipun dalam situasi darurat," katanya.

Tentang proses pemilihan foto untuk lomba, Hendra mengaku dirinya harus teliti dan detail dengan memahami karakter foto yang dikehendaki para juri. "Saya mengirim lima foto dengan momen yang berbeda-beda, dimana ada beberapa karakter fotonya yang mungkin seperti selera para juri dan momen-momen foto yang mungkin jarang ada di daerah lain, dan tentu sesuai tema lomba foto," katanya.

Selain Hendra, pemenang lomba foto bertema "Lensa Kehidupan di Masa Pandemi" itu adalah Muchlis Akbar sebagai Juara 1 Kategori Umum (foto : Pengantin dimasa Pandemi) dan Ilyas Rasyid Al Fattah sebagai Juara 1 Kategori Karyawan (Foto : Mengubah Lelah Menjadi Lillah).

Dalam laman resmi Bio Farma (www.biofarma.co.id), Kepala Bagian Komunikasi Perusahaan Bio Farma, Iwan Setiawan, menyebutkan Bio Farma mengadakan serangkaian kegiatan HUT sebagai bentuk syukur, diantaranya Anniversafari, Community Fair, BiOlympics, Digital Activation, serta Bio Talkshow.

Bio Farma bekerja sama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) juga mengajak masyarakat umum, jurnalis, dan karyawan di lingkungan BUMN Farmasi untuk berpartisipasi dalam kegiatan Lomba Foto HUT ke-132 Bio Farma dengan mengusung tema "Lensa Kehidupan di Masa Pandemi".

Peserta lomba foto itu dapat memilih berbagai sub-tema yang berkaitan dengan vaksin dan kesehatan, serta peran BUMN Farmasi dalam penanggulangan pandemi. Peserta lomba foto ini dibagi menjadi 3 kategori yaitu Umum, Jurnalis dan karyawan BUMN Farmasi.

"Menyambut ulang tahun ke-132 Bio Farma, kami mengadakan berbagai kegiatan, salah satunya yaitu Lomba Foto yang terbuka dan dapat diikuti oleh masyarakat umum, jurnalis dan tentunya seluruh karyawan Holding BUMN Farmasi," kata Iwan Setiawan.

Ia menjelaskan peserta dapat mengikutsertakan maksimal 5 karya foto dan tentunya wajib mengikuti (follow) akun instagram @biofarmaid, @kimiafarma.ind, @indofarma.id, dan@pfibandung dengan hadiah menarik yaitu uang tunai dengan total sebesar Rp58 juta. Periode Lomba berlangsung pada 17-30 Juli 2022. Hasil dari partisipasi pada lomba fotografi ini akan dikaji lebih lanjut oleh para pakar yang telah bekerja sama dengan Bio Farma. Pakar tersebut diantaranya M. Agung Rajasa (pewarta foto LKBN ANTARA), Beawiharta (visual storyteller yang dahulu pernah menjadi fotografer Reuteurs), serta juri internal dari tim Bio Farma.

Hasil karya pemenang yang dipamerkan di Puncak Acara HUT ke-132 Bio Farma pada 6 Agustus 2022 itu memiliki tiga kriteria, yakni 60 persen aspek estetika dan unsur fotografi yang terkandung dalam gambar, 30 persen unsur keterkaitan foto dengan tema lomba, dan 10 persen mengandung produk/jasa/sumber daya manusia/kegiatan sosial/brand BUMN Farmasi (Bio Farma, Kimia Farma, dan Indofarma). (AntaraNews Bali/edyyakub/2022)

(hendi/sekretariat perusahaan)