Kegiatan

ANTARA TUTUP PELATIHAN TALENTA BIRO TAHUN 2022

ANTARA TUTUP PELATIHAN TALENTA BIRO TAHUN 2022

Kantor Berita ANTARA menggelar acara penutupan sebagai rangkaian terakhir dari Pelatihan Talenta Biro Tahun 2022 secara luring di Wisma Antara, Jakarta pada Jumat (21/10).

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Pemberitaan Akhmad Munir, Direktur Keuangan, MSDM dan Manajemen Risiko Nina Kurnia Dewi, Redaktur Pelaksana Gusti Nur Cahya Aryani, Redaktur Pelaksana Saptono, GM MSDM dan Umum Purnomo, Koordinator Biro Provinsi Perum LKBN ANTARA Mohammad Tohamaksun dan seluruh peserta Pelatihan Talenta Biro Tahun 2022.

 

Kegiatan ini dibuka dengan laporan pelaksanaan Pelatihan Talenta Biro Tahun 2022 dari GM MSDM dan Umum Purnomo.

 

Purnomo juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam kesuksesan pelaksanaan Pelatihan Talenta Biro Tahun 2022.

 

Purnomo mengingatkan peserta pelatihan bahwa momen saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dari para senior yang ada di pusat maupun daerah merupakan ilmu yang tak ternilai dan tidak bisa dipelajari dalam buku.

 

Direktur Pemberitaan Akhmad Munir dalam arahannya kepada peserta Pelatihan Talenta Biro Tahun 2022 menjelaskan bahwa hal terpenting yang harus dikuasai oleh peserta adalah kepiawaian dalam memimpin.

 

“Baik dalam wawasan pengetahuan di bidang redaksi, bidang keuangan, bidang MSDM, bidang komersil dan bidang lainnya. Karena posisi kepala biro itu memegang tiga sampai empat fungai jabatan melekat sama satu orang, Teman-teman akan lihat sendiri nantinya," ungkap Munir.

 

"Dari semua peran yang teman-teman lakukan itu, ujung-ujungnya adalah kepiawaian teman-teman dalam memimpin atau yang disebut leadership,” lanjut Munir.

 

Merefleksikan masa-masa sebagai kepala biro, Muniar menganalogikan kepala biro seperti bupati, yang bebas bertemu orang lain. Namun, di sisi lain ketika ada musibah kepala biro harus siap menjadi 100% wartawan.

 

Selanjutnya, Direktur Keuangan, MSDM dan Manajemen Risiko Perum LKBN ANTARA Nina Kurnia Dewi memberikan selamat atas pencapaian para peserta Pelatihan Talenta Biro Tahun 2022 dan memberikan pesan kepada peserta untuk menerapkan hal-hal baik di biro tempat mereka bertugas nantinya. 

 

“Kalau Bapak Munir tadi menganalogikan teman-teman sebagai bupati yang gagah, maka saya mengatakan karena Anda ada di ibukota provinsi, Anda adalah gubernur. Jadi program 100 hari Anda nanti setelah mendapat SK adalah Anda harus bertemu gubernur daerah masing-masing,” ujar Nina.

 

Nina juga merefleksikan pelatihan yang telah berlangsung selama lima hari.

 

“Kami mencoba mempersiapkan Anda sebagai bagian dari pengelola perusahaan media yang tidak hanya keredaksian, karena kami mewakilkan Perum LKBN ANTARA di wilayah provinsi kepada anda,” ujar Nina. 

 

Nina juga menekankan bahwa teman-teman talenta biro perlu menerapkan positivity, enjoyment, feeling important to yourself dan personal development selama mengemban tugasnya nanti.

 

Kegiatan ini berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai kebijakan pemerintah guna mencegah penyebaran virus COVID-19.

 

(Putri/Cathelya/Sekretariat Perusahaan)