Kegiatan

DIREKTUR PEMBERITAAN ANTARA BUKA PAMERAN FOTO “BANGKIT MENUJU ENDEMI”

DIREKTUR PEMBERITAAN ANTARA BUKA PAMERAN FOTO “BANGKIT MENUJU ENDEMI”

Perum LKBN ANTARA bersama Kantor Staf Kepresidenan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan acara Pembukaan Pameran Foto bertajuk “Bangkit Menuju Endemi” karya pewarta foto ANTARA yang dilaksanakan secara hybrid di Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Jalan Kalasan No.1, Bendogerit, Sananwetan, Blitar, Jawa Timur dan melalui kanal Youtube Antara TV Indonesia pada Jumat (25/11).


Pembukaan pameran foto ini dihadiri oleh Wakil Walikota Blitar Tjutjuk Sunario, Jajaran Forkopimda Blitar, Kepala UPT Perpustakaan Nasional Proklamator Bung Karno Nurny Syam, Komisioner KPUD Kabupaten Blitar, Komisioner Bawaslu Kabupaten Blitar, Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir, Kurator dan Museum GFJA Ismar Patrizki serta Kepala Biro ANTARA Jawa Timur Rachmat Hidayat.


Acara dibuka dengan  laporan dari Kurator Museum dan GFJA Ismar Patrizki. Dalam laporannya Ismar menjelaskan bahwa pameran fotografi  “Bangkit Menuju Endemi” ini merupakan ilustrasi lanjutan dari buku yang disusun oleh Perum LKBN ANTARA bersama Kantor Staf Kepresidenan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.


“Terima kasih sudah hadir dalam pembukaan pameran fotografi ini. Ini adalah pameran foto jurnalistik yang kita ambil dari buku capaian kinerja tahunan 2022 dengan judul “Bangkit Menuju Endemi” yang disusun oleh Perum LKBN ANTARA bersama Kantor Staf Kepresidenan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Singkatnya bahwa ini adalah sebuah pengembangan ilustrasi fotografi dari buku tersebut dan ini kita sajikan secara langsung di Kabupaten Blitar,” jelas Ismar.


Pameran ini secara resmi dibuka oleh Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir. Menurut Munir, pameran ini merupakan bentuk komitmen pewarta foto ANTARA yang tetap  setia untuk mengabadikan setiap langkah negara dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan bangkit menuju endemi.


“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Blitar yang telah menerima kami tim GFJA dalam melakukan pameran fotografi di Kabupaten Blitar, khususnya di  kawasan Perpustakaan Nasional Proklamator Bung Karno. Kami ingin mengajak warga Blitar untuk bersama-sama menyaksikan dan memahami pesan-pesan dari 65 foto yang kami tampilkan di Museum Bung Karno,” kata Munir.


Lebih lanjut lagi Munir menyampaikan pameran ini menjadi bukti kehadiran ANTARA dalam setiap langkah yang ditempuh negara untuk menghadapi pandemi.

 

“Pameran fotografi ini membuktikan bahwa ketika pandemi ANTARA pun hadir, meskipun dengan resiko yang tinggi, para pewarta foto kami  tetap berkomitmen untuk memotret jejak-jejak negara menghadapi pandemi COVID-19. Bahwa negara betul-betul serius mengantarkan rakyat Indonesia bangkit dan terus maju menghadapi pandemi. Saya berharap kita dapat bersama-sama meneladani, mengilhami dan menginspirasikan apa yang ada di pameran foto kali ini. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemerintah Kabupaten Blitar beserta Perpustakaan Nasional Proklamator Bung Karno,” ujar Munir.


Wakil Walikota Blitar Tjutjuk Sunario dalam sambutannya mengucapkan apresiasinya kepada Perum LKBN ANTARA yang telah menyelenggarakan pameran fotografi “Bangkit Menuju Endemi” di Kabupaten Blitar.


“Kami selaku pemerintah Kabupaten Blitar mengucapkan  terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kesempatan dalam menyelenggarakan pameran fotografi ini di kota kami,” kata Tjutjuk.


Tjutjuk juga mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk tidak melupakan sejarah.


“Pameran fotografi ini adalah pameran yang langka, mari kita beri motivasi dan ingatan kembali untuk jangan melupakan sejarah. Jangan lupa bahwasannya negara ini didirikan oleh generasi muda. Kami berharap dengan adanya pameran ini sasarannya adalah generasi muda karena generasi muda lah yang ke depannya akan membangun bangsa ini seperti Soekarno dahulu. Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan mudah-mudahan kegiatan ini berjalan lancar hingga selesai,” sambung Tjutjuk.


Acara dilanjutkan dengan penandatanganan poster pameran dan pemberian cinderamata yang dilakukan oleh Wakil Walikota Blitar Tjutjuk Sunario.

Pameran fotografi “Bangkit Menuju Endemi”  menampilkan 63 karya foto, di mana 36 di antaranya merupakan karya pewarta foto Kantor Berita ANTARA dan satu foto arsip Kantor Staf Kepresidenan Republik Indonesia. Pameran ini secara umum bercerita mengenai berbagai daya dan upaya yang ditempuh Indonesia untuk bangkit dari pandemi COVID-19.


Pameran yang berlangsung pada 25 November - 1 Desember 2022 ini mengangkat berbagai macam topik, mulai dari sektor kesehatan, pertumbuhan ekonomi nasional, penanganan BBM bersubsidi, antisipasi krisis pangan, pengembangan UMKM dan pariwisata Indonesia, progres pembangunan infrastruktur, transisi energi, pembangunan sumber daya manusia, transformasi riset dan ekonomi, reformasi birokrasi, layanan publik, kiprah Indonesia dalam perdamaian dunia sampai dengan perhelatan internasional.


Pembukaan pameran foto ini berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai kebijakan pemerintah guna mencegah penyebaran virus COVID-19.

(Putri/Angelita/Sekretariat Perusahaan)